"social-media"

Tahun 2016 ini boleh dibilang merupakan tahun konsolidasi Online Marketing, pencapaian dan inovasi positif terus berlanjut, masing-masing channel scocial media menemukan pola dan fungsinya tersendiri. Trend ini akan berlanjut di tahun depan, khusus sosial media bagaimana prediksi untuk tahun 2017, channel mana saja yang akan dominan dan bagaimana optimalisasi channel tersebut ? mari kita bedah satu-satu.

FACEBOOK

Di tahun 2016 ini boleh dibilang Facebook merajai sosial media dan paling popular, dari aspek iklan, Facebook Ads saat ini juga sedang digandrungi, tahun 2016 Facebook berhasil menambahkan 197 juta pengguna aktif bulanan.  Facebook terus memperbarui firtu-fiturnya, dan ini kesempatan yang harus dioptimalkan untuk marketing, apa saja itu.

VIDEO Facebook terus melakukan update tampilan video dan fitur video yang dimiliki, baru-baru ini Facebook juga telah merilis tampilan kamera yang baru, sehingga mudah diakses dari halaman home dan akan mumncul dengan tampilan yang mirip dengan gaya snapchat, termasuk Mask dan tool interaktif yang lain, saat inni baru beberapa Negara yang dirilis, tapi kedepan fitur ini akan bisa diakses dg lebih mudah, Facebook menangkap trend saat ini adalah Camera First Style dalam berinteraksi, hal ini akan berkaitan dengan fitur selanjutnya yaitu

FACEBOOK LIVE , fitur ini boleh dibilang sedang happening saat ini, terutama buat pengelola fanspage, berdsarkan data Facebook pengguna Facebook Live untuk siaran langsung telah meningkat 4 kali lipast sejak bulan Mei dan Fitur ini mendapatkan engagemet lebih tinggi  disbanding tipikal posting yang lain di Facebook. Melihat ini Facebook Live sepertinya harus diperhatikan  sebagai strategi meningkatkan engagement dengan fans, jangan diabaikan, era baru live streaming yang murah berbasis user generated content telah tiba.. so.. siap-siap..

VIRTUAL REALITY , yup.. inilah salah satu hal yang digarap dengan serius oleh Facebook, setahun kedepan VR ini masih akan terus dibicarakan dan digandrungi, tapi masih ada keterbatasan saat ini, salah satunya adalah perangkat yang dirasa masih manahl (satu headset Oculu saat ini harganya masih diangka $600-$800) dan high-end PC, nggak bisa dimainin di PC sembarangan. Bagaimanapun VR ini telah menawarkan sensasi tersendiri, content video atau foto denga gaya  360 adalah pilihan menarik yang selalu ingin dicoba oleh public, diperkirakan Facebook akan merilis fitur pengambilan foto dengan gaya 360 ini melalui aplikasinya ditahun depan.

FACEBOOK SEARCH, harus diakui Facebook saat ini juga tengah berevolusi menjadi platform search engine, sebagaimana dirilis oleh Zuckenberg sendiri, Facebook saat ini memfasilitasi lebih dari 2 Miliar pencarian setiap hari, peningkatan 33 % terjadi selama 9 bulan terakhir, menangkap trend ini Facebook menambahkan tools yang memudahkan pencarian termasuk aktivitas Jual Beli yang dilakukan melalui Palatform Facebook ini, mirip-mirip dengan Marketplace. Facebook Graph, inilah algoritma pencarian yang dijalankan oleh Facebook dimana semakin memanjak user dalam melakukan pencarian, sehingga mereka tak perlu pindah ke platform lain seperti Google

REACTIONS, tahun 2016 ini bukan hanya sekedar like, comment dan share saja, Facebook juga merilis fitur emoji reactions, mirip di path, lebih ekspresif dalam mendeskripsikan  interaksi dengan fans atau teman, ini bisa menjadi salah satu parameter untuk menentukan bahwa konten yang kita buat disukai public atau tidak, kalau punya konten yang bagus bisa saja di boost dengan FB ads biar jadi viral.

Diatas Prediksi trend untuk Facebook, sang raja Sosial Media di tahun 2016 ini, bagaimana sudah siap menyusun strategi untuk tahun depan..?

Bagaimana dengan Twitter, Instagram, Linkedin, Snapchat dan lain-lain? Kita bedah ditulisan selanjutnya