5 Tempat Kursus Online Terbaik

"kursus online"

Saat ini belajar tidak harus melalui sektor formal, banyak lembaga penyedia kursus atau pendidikan yang menawarkan berbagai macam keahlian atau disiplin ilmu yang bisa kamu pelajari disela-sela aktivitas kerjaan reguler atau pendidikan regulermu. Beberapa bahkan menawarkan akses gratis untuk semua materi dan ada yang menyediakan sertifikat dengan membayar sejumlah biaya tertentu jika kamu bisa lulus ujian. Sistem belajar metode kursus online ini biasanya berupa tutorial, tugas baca , Tugas mingguan dan ada ujian akhir. Kamu bisa belajar berbagai macam hal, mulai dari Desain, Keuangan, Data Science sampai Kebijakan Publik. Kamu juga bisa belajar dari berbagai pengajar kampus besar di dunia seperti Harvard University, MIT, UC Berkeley dan masih banyak lagi.

Berikut ini 5 lembaga penyedia kursus online terbaik yang bisa kamu coba

  1. edx.org

"kursus online"

Didirikan tahun 2012 hasil kerjasama antara Harvard University dan MIT, Edx merupakan salah satu penyedia kursus online paling populer dan memiliki banyak bidang keahlian. Lebih dari 130 Kampus dan lembaga profesional seperti Microsoft berpartisipasi menyediakan materi yang update untuk meningkatkan skill di era sekarang ini. Edx adalah lembaga non profit, semua materi yang tersedia disini bisa kamu pelajari secara gratis dengan memilih metode audit course, jika kamu menginginkan sertifikat kamu bisa juga melakukan upgrade dengan melakukan pembayaran sesuai dengan bidang course yang kamu pilih.

Selain modul berupa satuan kursus, edx juga memiliki program yang disebut Micromaster, Profes program ini didesain untuk para profesional dengan spesifikasi bidang tertentu yang bisa kamu pelajari, biasanya terdiri dari 4-6 Kursus yang mesti kamu selesaikan untuk bisa menamatkan program micromaster. Beberapa materi Micromaster dapat dijadikan modal untuk dikonversi ketika kamu ingin melanjutkan ke pendidikan Master dari kampus yang menjadi member edx. Menarik kan?

  1. coursera.org

"kursus-online-coursera"

Satu lembaga penyedia kursus online yang cukup populer dan gratis adalah coursera. Didirikan pada tahun 2012 oleh dua orang Profesor dari Stanford University saat ini coursera memiliki jumlah mitra lembaga lebih dari 150 institusi dan 33 Juta pembelajar. Coursera juga didukung oleh berbagai kampus besar dunia seperti Stanford University, University of Illinois, University of Edinburgh dan masih banyak lagi. Fitur andalan dari Coursera adalah Program Spesialisasi dan Online Master. Semua materi bisa kamu akses secara gratis dan jika ingin mendapatkan sertifikat biaya yang dibayarkan dikisaran $29-$99.

Spesialisasi yang ditawarkan oleh Coursera antara lain Digital Marketing, Data Science, Bisnis dan Manajemen, Teknologi Informasi, Machine Learning, Artificial Intelligence dan lain-lain. Untuk Program Master sendiri yang dibuka natar lain Master of Computer Science, Master of Business Administration dan lain lain

 

  1. udemy.com

"kursus-online-udemy"

Agak berbeda dengan edx atau coursera yang didirikan oleh kampus ternama dan kental dengan disiplin ilmu fundamental, maka Udemy adalah Marketplace Kursus online terbesar yang saat ini ada. Sebagai Marketplace maka setiap orang bisa menjadi pengajar dan membuat kursus di platform ini. Kursus yang tersedia pun bermacam macam mulai dari basic programming, desain, video editing, SEO, Google Adwords, Developer Aplikasi sampai Pengembangan Personal seperti Yoga dan sejenisnya.

Materi yang tersedia di Udemy kebanyakan adalah materi praktis dan aplikatif karena diajarkan oleh para pelaku industri sehari hari yang berpengalaman. Beberapa Tutor ada yang menyediakan materi secara gratis da bisa diakses, meski untuk materi kebanyakan kamu harus membayar untuk bisa mengakses materi yang diajarkan.

Jika kamu mencari beberapa keahlian yang langsung to the point pada sepesifikasi tertentu, Udemy bisa menjadi pilihan terbaik untuk kursus online. Selain pilihan tutor yang beragam, biaya kursus juga bisa menyesuaikan dengan budget yang kamu inginkan. Biasanya kehalian yang langka dan susah biaya kursusnya juga lebih mahal. Tapi anggaplah itu sebagai bentuk investasi pengembangan diri. Atau jika kamu merasa memiliki keahlian yang bisa dijual mengapa tidak mencoba menjadi Tutor di Udemy ? lumayan untuk mencari penghasilan tambahan :)

Baca Juga : Antara Elon Musk dan Tesla

  1. Alison.com

"kursus-online-alison"

Alison didirikan di Galway, Irlandia pada tahun 2007 menawarkan berbagai macam kursus yang bisa kamu akses secara online dan gratis dengan berbagai macam kategori, muali dari IT, Bahasa, Teknik sampai kehalian seperti K3 atau HSE. Saat ini ada lebih dari 12 juta member Alison dari seluruh dunia yang mengambil kursus. Alison juga menyediakan jenjang Diploma dan Jenjang Sertifikasi untuk mereka yang mengambil spesialisasi dengan lebih mendalam.

Jika sebelumnya kamu harus membayar di Udemy untuk keahlian tertentu maka di Alison ini bisa kamu dapatkan semua materi secara gratis, buat kalian yang menjadikan biaya dan pertimbangan fleksibiltas waktu sebagai pertimbangan, maka Alison adalah langkah pertama kursus online yang harus kamu coba.

 

  1. Lynda.com

"kursus-online-lynda_com"

Lynda merupakan salah satu pelopor platform kursus online sudah lebih dari 20 tahun. Saat ini Lynda telah diakuisisi oleh Linkedin dan menjadi salah satu platform pembelajaran di bidang profesional paling lengkap. Semua materi yang ada di Lynda.com memang tidak gratis dan berbayar tapi ragam materi yang ada disana memang powerful dan terkurasi dengan baik. Kebanyakan tutor disana memang praktisi yang telah berpengalaman dari berbagai macam industri. Materi yang bisa kamu pelajari antara lain 3D desain, 3D Modelling, Autocad, Fotografi, Sound editing, Video Editing, Typografi dan lain-lain.

Kelebihan dari Lynda karena memang pelopor maka sertifikasi keahlian yang dikeluarkan tidak diragukan lagi.

 

Nah itu tadi 5 Platform Kursus Online yang bisa kamu coba untuk meningkatkan keahlian kamu, waktu belajar yang fleksibel tanpa harus tatap muka menjadi poin kelebihan tersendiri, yang pasti siapkan tekad kuat jika ingin mengambil kursus online semacam ini karena kamu sendiri yang menentukan waktu belajarnya. Selamat mencoba dan menemukan keahlian baru