Digital Marketing Starter Pack

"digital marketing"

Dunia pemasaran masa kini tak bisa dipisahkan dari apa yang disebut dengan digital marketing. dunia yang makin terkoneksi satu sama lain, kemudahan akses informasi sampai kehidupan sosial semua bergeser ke arah online. Saat ini lebih dari 4 Milliar orang diseluruh dunia yang sudah menggunakan internet, atau boleh dibilang sudah mencapai 55% penduduk dunia. Di Indonesia sendiri data dari APJII kurang lebih hampir sama, lebih dari 150 Juta orang saat ini sudah terkoneksi dengan internet dari total 240 Juta penduduk Indonesia. Kondisi ini memaksa mau atau tidak mau semua sektor industri atau usaha menjadikan digital marketing sebagai salah satu pilar utama dalam kegiatan promosi. Reuters melaporkan bahwa kontribusi untuk pemasaran digital tumbuh sebesar 44% di AS dan Inggris pada tahun 2017, sebesar $ 52 miliar1 Namun ada satu pertanyaan yang perlu kita perhatikan bagaimana cara menjalankan strategi digital marketing yang tepat untuk sebuah usaha atau industri?

Nah dalam bahasan kali ini kita akan mengupas lebih jauh apa dan bagaimana seharusnya Strategi digital Marketing dijalankan untuk sebuah usaha, baik itu dalam skala kecil atau yang sudah berskala besar sekalipun. Kita akan membuatnya menjadi mudah dimengerti dan mudah diimplementasikan.

Kita akan membagi pembahasan dalam beberapa cluster terlebih dahulu yaitu

1. Tentukan channel digital

Masuk ke dunia digital boleh diibaratkan degan nmasuk ke dalam dunia yang bener-benar crowded, serba cepat, dan banyak informasi tersebar dengan aneka macam media dan variasinya. Sebagai pelaku usaha atau tim dalam perusahaan yang bertugas untuk membuat strategi pemasaran digital pelru memperhatikan Channel digital mana yang akan dipakai untuk kegiatan pemasaran. Oke kita bahas satu per satu.

– Sosial Media

Sosial media ini ibarat mall atau pasar dimana setiap orang bebas untuk berbagi content dengan aneka macam jenis. Secara harfiah Sosial Media sendiri terdiri dari dua frase yaitu “Sosial” yang berarti terjadi interaksi antar orang-orang atau kerumunan dan juga “Media” yang berarti tempat penyampaian informasi baik itu text, video, gambar dan lain sebagainya. Ketika memahami konsep ini dengan baik maka ketika kita akan menjadikan Sosial Media sebagai channel pemasaran, baik itu Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Pinterest ataupun Linkedin sekalipun, maka mesti memperhatikan aspek adanya kerumunan yang akan disasar dengan menggunakan content yang memang menarik untuk memancing interaksi. Sering kali ini diabaikan, dimana content yang dibuat di sosial media terlalu hard selling, tanpa ada tujuan membangun interaksi sama sekali, hal yang kayak gini nih yang jarang dapat manfaat di Sosial media yang disebut viral. Boleh sih Hard Selling tapi lihat kondisi juga, ketika brand hanya jualan terus di sosial media tanpa interaksi biasanya sih fans atau followernya bakal bosen dan cabut.

Nah terus gimana dong kalau dituntut untuk meningkatkan penjualan melalui Sosial Media ? Jadi gini kalau mau fokus Jualan dan hard selling produk atau jasa, beberapa platform digital sudah menyediakan fitur yang disebut iklan, sebut saja Facebook Ads, Twitter Ads dan Juga Google Ads. gunakan cara ini untuk memang tujuan hard selling, lakukan secara harian, 24 jam seminggu, sasar pengguna yang memang sesuai dengan target pasar kita masing-masing, dan pastinya siapkan budget untuk ini. Ini adalah cara paling efektif untuk hard selling yang tepat sasaran dan bisa terpantau hasilnya.

Jadi dalam hal sosial media untuk pemasaran ini bedakan dua pola pengelolaan, yaitu sosial media management dan juga sosial media marketing, yang satu fokus membangun interaksi dengan audiens dan yang satu memang untuk jor-joran jualan, mau apapun platform sosial media yang dipakai pola pikir ini mesti dipahami lebih dulu, biar nggak terkesan acak-acakan tanpa hasil yang maksimal, karena pada prinsipnya orang itu nggak senang juga dengan hard selling terlalu sering, jadi mesti diatur proporsinya dengan baik di Sosial media.

– Website

Website adalah salah satu tools pemasaran digital yang powerfull dan efektif untuk jangka panjang. Kenapa begitu ? karena website ini adalah ibarat rumah di dunia digital yang kita miliki sendiri, berbeda dengan sosial media yang ibarat kata kita ngontrak di penyedia platform dan tunduk pada syarat dan ketentuan penyedia platform. Website juga menjadi semacam identitas yang bonafide untuk sebuah usaha atau brand, selain itu juga meningkatkan kepercayaan untuk konsumen juga. Kalau kita ingin membuat website di dunia digital maka perhatikan dua hal ini yaitu hosting dan domain. Berbeda dengan sosial media yang gratisan, Dua hal ini membutuhkan biaya, maka mesti menyiapkan budget yang pas. Banyak provider lokal yang menyediakan layanan web hosting murah atau layanan web hosting spek tinggi dengan kebutuhan dan layanan premium. Sesuaikan dengan kebutuhan, jangan terlalu berlebihan juga untuk belanja dua hal ini alias overkill, ingat dalam pembuatan atau pengembangan website kita juga membutuhkan developer atau programmer yang handal dan ini perlu budget juga. Meski harus mengeluarkan biaya diawal, dengan strategi yang tepat website ini bisa menjadi sarana untuk closing penjualan dengan hasil yang maksimal.

2. Optimasi channel digital

Setelah menentukan dan menyiapkan channel digital untuk digital marketing, tahap selanjutntya yang mesti dilakukan adalah melakukan optimasi setiap channel yang sudah dibuat. Kita bedakan menjadi dua macam strategi yaitu Search Engine Optimization (SEO) dan Social Media Optimization (SMO).

SEO sendiri adalah sebuah strategi untuk wesbite usaha agar mudah ditemukan oleh calon customer ketika mereka melakukan pencarian melalui mesin pencari. Menurut statistik, lead yang didapat dari pencarian organik telah menghasilkan rata-rata tingkat closing 14,6%. Juga ditemukan fakta bahwa 75% pengguna Google hanya akan bertahandi halaman pertama dari hasil pencarian. Ini berarti bahwa sebuah website yang berada dihalaman kedua dan seterurnya dari hasil pencarian google akan mendapat traffic yang lebih rendah dan lebih sedikit tampilan. 2 Fakta ini menjadikan SEO sebagai sebuah Strategi yang mesti dilakukan untuk mencapai performa website dengan hasil bagus di hasil pencarian google. Fakta lain yang harus diketahui, seiring degan makin tumbuhnya pengguna smartphone, Google juga memprioritaskan web yang responsif secara mobile sebagai faktor yang mempengaruhi rangking. Apa kunci utama dalam SEO? buat artikel atau content yang relevan dengan pelanggan di website, bukan dengan cara spam atau cara-cara lain yang beresiko untuk website kita sendiri. Perhatikan kata kunci yang sering dicari pelanggan, taruh kata kunci itu di Judul artikel, paragraf pertama dan dalam artikel sendiri kata kunci itu tadi diulang sebanyak 3-5 kali saja, jangan lebih dari itu. Dalam pembuatan sebuah domain kadang juga bisa dimasukkan unsur kata kunci sebagai nama domain, kamu bisa cek kesediaan nama domain di beberapa situs seperti di www.domainesia.com/domain , itu tadi beberapa tips singkat SEO yang bisa dicoba.

Lanjut dengan apa yang disebut Social Media Optimization atau SMO. SMO sendiri pada dasarnya menggunakan media sosial sebagai katalis untuk menumbuhkan keberadaan online sebuah usaha atau entitas perusahaan. Yang sering terjadi adalah sebuah usaha hanya sebatas cenderung membuat profil di Instagram, Facebook atau Twitter untuk menjadi tempat pelanggan mereka semata, alias yang penting eksis dulu, sedangkan SMO adalah tentang membuat, membangun, dan memaksimalkan rencana media sosial Anda secara strategis untuk terhubung dengan audiens target.

Data dari Sproutsocial menyebutkan bahwa Garis antara pemasaran media sosial dan pemasaran mesin pencari menjadi semakin kabur. Di masa lalu, keduanya dipandang sebagai aspek pemasaran yang terpisah dan berbeda. Tetapi kenyataannya adalah bahwa mereka lebih saling terkait satu sama lain. Ketika mendapatkan 1.000 Tweet pada sebuah artikel tidak akan secara ajaib meningkatkan peringkatmu di Google, pemasaran media sosial dan SEO keduanya lebih kuat bersama-sama. Satu survei menemukan 50% perusahaan yang tidak berhasil dengan SEO tidak mengintegrasikan pemasaran media sosial 3

"digital marketing"

Fakta diatas menjadikan upaya SMO menjadi tidak bisa dikesampingkan dalam upaya mewujudkan kampanye digital yang ampuh, sejalan dengan persiapan SEO. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam mewujudkan strategi SMO yang handal. Kriffy telah membantu kita dalam gambar berikut tentang langkah-langkah apa yang mesti dilakukan dalam rangka strategi SMO.

sumber gambar https://krify.co/tag/social-media-optimization-techniques-2018/

Kita bisa lihat beberapa hal yang menjadi penting dalam infografis diatas :

Integrasikan Saluran Sosial ke dalam Situs Web Anda, Cara mudah untuk memadukan media sosial dan situs web adalah dengan mengintegrasikan tombol berbagi sosial di situs web .

Optimalkan profil, Kelihatannya tugas sederhana, tetapi mengoptimalkannya adalah sesuatu yang harus kita fokuskan. Profil adalah area pertama tempat metrik bisnis diukur. Optimalkan profil Sosial media sedemikian rupa sehingga menciptakan pengalaman yang lebih profesional bagi orang-orang di jaringan kita.

Fokus pada kata kunci, bukan hanya dalam SEO, di SMO sekalipun perhatian terhadap kata kunci menjadi penting. Kata kunci adalah alat untuk pemasar yang memberikan paparan maksimum profil Anda dan menjangkau audiens yang ditargetkan. Jadi berhati-hatilah dalam menyusun kata kunci dan frasa kunci target ke dalam profil media sosial.

Jadikan Websitemu sebagai Pusat Brand, Situs web harus menjadi indeks untuk setiap informasi yang terkait dengan merek di internet. Ketika seorang pengguna mengunjungi situs web ia akan melihat gambar sampul pertama kali. Kesan pertama adalah kesan terbaik jadi manfaatkan kesempatan gambar sampul untuk menunjukkan merek Anda. Selalu gunakan gambar profesional yang relevan.

Buat konten menarik yang memancing interaksi, Cara terbaik untuk berkembang di media sosial adalah membuat konten yang menarik dengan memposting berbagai bentuk konten seperti tips dan trik, fakta menyenangkan, artikel informatif, video, dan banyak lagi. Lakukan secara teratur dan reguler. ingat kembali kaidah pertama dalam sosial tadi, kita berbicara kepada kerumunan orang-orang didunia maya, kalau nggak memancing interaksi atau menarik ya pasti ditinggal.

Memberikan konten berkualitas, Kualitas penting untuk meningkatkan peringkat sosial media atau website. Pengguna tidak dapat menghabiskan banyak waktu untuk membaca apa yang diposting kecuali jika layak dibaca. Jadi saat memposting konten pastikan bahwa itu menargetkan audiens dan memberikan apa yang mereka harapkan.

Fokus pada tren tagar atau hashtag, Saat berbagi konten di platform sosial media, fokuskan pada tagar. Gunakan kata kunci yang dipilih untuk meningkatkan peringkat dalam hasil pencarian sosial. Menggunakan tagar yang sedang tren akan meningkatkan visibilitas merek secara luas dan membantu pengikut untuk menemukan profilmu. Jadi jangan abaikan tagar saat membuat konten sosial.
Itu tadi beberapa tips SMO yang bisa dicoba dan diterapkan

3. Gunakan Tools Analytics

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah lakukan analisa dan mointoring terhadap aktivitas digital yang sudah dilakukan. Untuk Facebook maksimalkan Facebook Insight yang ada di manajemen fanspage, Akun instagram bisnis dapat memaksimalkan fitur insight, fitur Insight dikedua platform ini dapat kita gunakan untuk memahami bagaimana karakter dari fans atau follower kita, content apa yang mereka senangi, jam berapa mereka aktif berinteraksi dan seterusnya. Untuk website gunakan tools seperti Google Analytics untuk memantau performa website juga mengetahui profil pengunjung website kita. Dengan mengetahui karakter pengunjung kita maka kita juga bisa merumuskan strategi yang lebih akurat. Tenang…semua alat-alat ini tadi bisa digunakan secara gratis.Jangan sampai kita gagal membaca fenomena target audiens kita hanya karena tidak tahu atau lupa melakukan monitoring dan analisa yang mendalam.

Memerlukan inspirasi atau ingin mengetahui apa yang sedang menjadi trend ? Kamu bisa gunakan tools seperti Sproutsocial atau Nuzzel, kedua alat ini akan memberitahukan hasil-hasil yang bisa kita gunakan untuk pengelolaan content media sosial kita. Sproutsocial dapat digunakan untuk riset, memantau kompetisi, cek apa tagar yang tengah populer juga melakukan imitasi strategi atau content sosmed jika memang diperlukan. Sedangkan Nuzzel akan menunjukkan kepada kita tautan berita mana yang paling sering dibagikan dalam 24 jam terakhir. Ini sangat berharga sebagai sumber berita, tetapi sebagian besar untuk memperluas wawasan .

4. Content Creative is the King

“Marketing is no longer about the stuff you make, but about the stories you tell- Set Godin”

Pesan dari Set Godin ini selalu relevan dalam pemasaran dengan media apapun. seperti sudah dibahas diawal pada prinsipnya orang itu nggak begitu suka dengan hard selling, maka mesti menyiapkan cerita atau narasi dalam bentuk softselling agar lebih sukses dalam melakukan pemasaran digital.

Menyiapkan content yang bagus dan menarik kadang menjadi problem bagi usaha rintisan atau skala kecil. Kalau memang belum bisa menyiapkan tim dengan kemampuan menghasilkan ide-ide segara untuk konten pemasaran, ada kredo yang cukup populer yaitu ATM, amati, tiru dan modifikasi, atau buat yang kaum mager dan rebahan kadang suka sekali ATPP, amati, tiru persis, plek :) yang terakhir ini nggak direkomendasikan untuk dilakukan terus menerus, apalagi jika mengabaikan soal copyright, mending enggak deh, minimal izin lah kalau memang mau pakai content punya orang untk diadaptasi.

Dalam konteks riset untuk mendapatkan ide konten untuk pemasaran tadi ada beberapa alat dan strategi yang bisa kamu gunakan. pertama Ahrefs Content Explorer, Ahrefs menyediakan database konten yang besar dengan filter, pencarian lanjutan, dan grafik interaktif. Jumlah harian dari pos baru yang ditemukannya dapat mencapai 5 juta. Ahrefs juga merupakan alat bantu untuk kampanye konten dengan tujuan yang beragam. Anda dapat menganalisis konten seperti apa yang menyebar di media sosial, menggerakkan banyak lalu lintas, dan menarik backlink seperti magnet. Ahrefs ini sudah menjadi favorit para blogger dalam mencari ide konten.

kedua, Buzzumo, Buzzumo merupakan alat penelitian yang sangat populer yang direkomendasikan oleh beberapa pakar pemasaran digital paling terkenal, dengan alat ini kita bisa mengetahu konten apa saja yang populer dan punya interaksi atau traffic tinggi hanya dengan memasukkan kata kunci saja di kolom pencarian. Kita bisa langsung memilih dan mengkurasi konten yang dimunculkan untuk kemudian kita adaptasi menjadi konten kita sendiri.

ketiga, contentgems.com, hampir mirip dengan buzzumo, tapi contentgemes bisa kamu gunakan dengan menerapkan beberapa filter dan personalisasi. kamu juga dapat memblokir artikel dari sumber yang tidak kamu percayai. Dan yang lebih penting fiturnya gratis.

keempat, contentstudio.io, ContentStudio memungkinkan kita menjelajahi tidak hanya artikel yang sedang tren, tetapi juga konten viral di media sosial dan platform untuk berbagi, GIF populer, gambar, dan video. Dashboard contentstudio juga bisa kita setting untuk menampilkan hasil pencarian spesifik atau jenis tertentu, Bergantung pada kebutuhan kita, kiat bisa menmukan banyak sekali inspirasi artikel atau video, gambar untuk kebutuhan pemasaran kita, tinggal masukkan kata kunci tertentu dan boom banyak referensi ide yang muncul di Dahboard kita.

Nah begitu kita sudah melakukan riset konten maka kita bisa lanjut dalam persiapan selanjutnya yaitu memproduksi konten itu sendiri. buat yang tak terbiasa dengan aneka macam software desain, bisa menggunakan Canva.com sebuah platform desain yang menawarkan banyak sekali template siap pakai untuk desain kreatif. Bagaimana jika perlu foto ? kita bisa akses aneka macam foto resolusi tinggi untuk kebutuhan kita dengan bebas royalti melalui platform seperti Pixabay, Unsplash atau Pexels.com, kemudian foto-foto tadi bisa kita impor ke Canva atau digunakan dengan software lain. Kalau kamu perlu software untuk membuat animasi, kamu bisa gunakan powtoon atau animiz, powtoon ini web based sedangkan animiz ini dekstop base, kamu bisa mulai gunakan dengan gratis dan bisa upgrade status sesuai dengan kebutuhan.

Kalau kamu perlu video pendek atau video footage dengan akses bebas royalti kamu bisa akses koleksi video di videvo.net atau videezy.com kemudian kamu bisa olah dan edit dengan berbagai macam software video editing.

Oke itu tadi Digital Marketing Starter Pack yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan strategi pemasaran digital atau mau mengawali karier sebagai Digital Strategist, semoga bermanfaat

**********************************

Referensi

1Busvine, D. (Sep, 2018). ‘Global spending on digital marketing nears $100 billion: study’. Retrieved from Reuters.

2https://www.lifehack.org/373311/8-affordable-online-marketing-tricks-for-startup-businesses

3https://sproutsocial.com/insights/social-media-optimization/