Breaking News

Wisata Kuliner di Situbondo: Menjelajahi Kelezatan dari Timur Jawa

Mencari wisata kuliner di Situbondo ? Situbondo, sebuah kota kecil yang terletak di pesisir timur Jawa Timur, Indonesia, bukan hanya dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga dengan kekayaan kulinernya yang mengundang selera. Kota yang dikelilingi oleh laut dan pegunungan ini menyimpan berbagai jenis kuliner tradisional yang kaya akan cita rasa dan sejarah. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa destinasi kuliner terbaik yang bisa Anda temukan di Situbondo.

wisata kuliner situbondo

1. Nasi Karak

Nasi Karak adalah salah satu kuliner khas Situbondo yang wajib dicoba. Hidangan ini terdiri dari nasi yang dimasak dengan santan dan dibumbui dengan rempah-rempah khas. Nasi ini kemudian disajikan dengan lauk pauk seperti ikan asin, tempe, dan sambal. Keunikan dari Nasi Karak adalah proses pembuatannya yang menggunakan daun pisang sebagai pembungkus, sehingga memberikan aroma khas yang menggugah selera. Anda bisa menemukan Nasi Karak di berbagai warung makan di Situbondo, terutama di daerah pesisir.

2. Soto Situbondo

Soto Situbondo merupakan variasi soto yang unik dengan cita rasa yang kaya. Soto ini biasanya terbuat dari daging ayam atau sapi, yang dimasak dengan bumbu rempah seperti kunyit, jahe, lengkuas, dan daun jeruk. Yang membuat Soto Situbondo berbeda adalah penggunaan kuah bening yang segar dengan tambahan bihun dan tauge. Tak lupa, perasan jeruk nipis dan sambal khas Situbondo akan menambah kelezatan soto ini. Warung Soto Situbondo banyak tersebar di pusat kota, dan selalu ramai dikunjungi oleh para pencinta kuliner.

3. Pecel Rawon

Pecel Rawon adalah kombinasi unik antara dua hidangan tradisional Jawa Timur, yaitu Pecel dan Rawon. Pecel terdiri dari sayuran rebus yang disiram dengan bumbu kacang, sedangkan Rawon adalah sup daging sapi dengan kuah berwarna hitam pekat yang berasal dari kluwek. Perpaduan kedua hidangan ini menciptakan rasa yang kompleks dan memikat. Anda bisa menemukan Pecel Rawon di pasar-pasar tradisional maupun di warung makan yang tersebar di seluruh Situbondo.

4. Ikan Bakar Pasir Putih

Pantai Pasir Putih yang terkenal di Situbondo juga menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati hidangan laut segar. Ikan bakar di sini dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang khas dan disajikan dengan sambal terasi yang pedas. Menikmati ikan bakar di tepi pantai dengan angin laut yang sejuk adalah pengalaman yang tak terlupakan. Selain ikan, Anda juga bisa mencicipi berbagai hidangan laut lainnya seperti cumi-cumi, udang, dan kerang yang semuanya segar dari tangkapan nelayan setempat.

5. Tahu Walik

Tahu Walik adalah camilan khas Situbondo yang sangat populer. Tahu ini memiliki bentuk yang unik karena bagian dalamnya dibalik sehingga sisi luar menjadi bagian dalam. Tahu Walik biasanya diisi dengan adonan ayam atau ikan yang gurih, lalu digoreng hingga renyah. Camilan ini sangat cocok dinikmati sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari. Anda bisa menemukan Tahu Walik di banyak penjual jajanan di sekitar Situbondo.

6. Rujak Soto

Rujak Soto adalah hidangan fusion yang menggabungkan elemen rujak buah dan soto daging. Kuah soto yang gurih dan daging sapi empuk dipadukan dengan potongan buah segar seperti mentimun, mangga muda, dan nanas yang diberi bumbu rujak pedas manis. Hidangan ini menawarkan perpaduan rasa yang kontras namun harmonis, menjadikannya favorit bagi banyak wisatawan yang datang ke Situbondo.

7. Prol Tape

Sebagai penutup, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi Prol Tape, kue tradisional yang terbuat dari tape singkong. Prol Tape memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis yang khas dari tape. Kue ini sering disajikan sebagai oleh-oleh khas Situbondo dan bisa ditemukan di berbagai toko kue di kota ini.

Wisata kuliner di Situbondo menawarkan pengalaman yang tidak hanya memuaskan selera tetapi juga memberikan gambaran tentang kekayaan budaya dan tradisi daerah ini. Setiap hidangan memiliki cerita dan warisan yang unik, yang membuat setiap gigitan menjadi perjalanan tersendiri. Jadi, jika Anda berkesempatan mengunjungi Situbondo, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi kelezatan kuliner khas kota ini.

brought to you by pafikotasitubondo.org